ANALISIS DESAIN GAMBAR BERDASARKAN TANGIBLE DAN INTANGIBLE SERTA PERSEPSI WARNA
PENGERTIAN TANGIBLE
Tangible – adalah kata yang mengarah pada suatu hal yang bisa dilihat, diraba, dirasakan, atau dinilai melalui indera manusia. Oleh karena itu, tangible juga diartikan sebagai sesuatu yang nyata atau konkret. Seperti contohnya adalah benda fisik seperti meja, kursi, atau buku, yang bisa dilihat dan diraba. Istilah ini sering digunakan dalam bisnis dan keuangan untuk mengacu pada aset fisik yang dimiliki oleh suatu perusahaan, seperti gedung, mesin, atau inventaris barang.
Dalam dunia bisnis, tangible sering digunakan untuk menjelaskan aset yang dapat diukur secara fisik. Contohnya, peralatan produksi, gedung, masin, dan kendaraan dapat diukur secara fisik dan klasifikasikan sebagai aset tangible. Aset ini dapat diukur dengan cara menghitung nilai wajarnya dan dapat digunakan untuk menghasilkan pendapat.
PENGERTIAN INTANGIBLE
Intangible merupakan aset tidak berwujud atau aset yang tidak bersifat fisik. Niat baik, pengakuan merek dan kekayaan intelektual, seperti paten, merek dagang, dan hak cipta, semuanya merupakan aset tidak berwujud. Aset tidak berwujud ada berlawanan dengan aset berwujud, yang meliputi tanah, kendaraan, peralatan, dan inventaris. Selain itu, aset keuangan seperti saham dan obligasi, yang nilainya diperoleh dari klaim kontraktual, dianggap sebagai aset berwujud. Meskipun aset tidak berwujud tidak memiliki nilai fisik yang jelas dari pabrik atau peralatan, aset tersebut dapat terbukti berharga bagi perusahaan dan sangat penting untuk keberhasilan atau kegagalan jangka panjang.
Intangible tidak memiliki bentuk fisik atau bahan dasar, dan sering kali nilainya sulit untuk di ukur secara objektif. Namun, meskipun tidak dapat dilihat atau disentuh,asset intangible dapat memiliki nilai yang sangat tinggi dalam bisnis.
Berikut contoh gambar dari berdasarkan intangible dan tangible :
1. GAMBAR PELANGI
Pada gambar pelangi yang termasuk kedalam intangible, karna hanya dapat di lihat namun tidak dapat di sentuh. Pelangi terdapat 7 warna yaitu :
1. Merah
Warna pertama dari pelangi ini melambangkan energi dan kebijaksanaan atau bisa juga di simbolkan sebagai “akar dan dasar dari keberadaan”. Merah pada dasarnya dikenal sebagai warna yang memiliki emosi yang kuat.
2. Jingga
Warna jingga merupakan campuran antara merah dan kuning. Sehingga warna ini dapat mewakili ambisi dan jugapengendalian diri.
3. Kuning
Warna yang paling cerah ini melambangkan energi dan kehangatan.
4. Hijau
Warna pelangi yang terletak di tengah ini merepresentasikan warna kehidupan. Warna ini melambangkan kekayaan.
5. Biru
Biru melambangkan kedamaian,relaksi, dan stabilitas.
6. Nila
Warna campuran biru dan ungu ini mewakili misteri, dan sering dikaitkan dengan intuisi, seperti kemampuan psikis,kebijaksanaan, pencapaian spiritual.
7. Ungu
Warna yang terakhir dalam urutan pelangi ini merepresentasikan kehalusan atau kelemah lembutan.
Pada dasarnya 7 warna pelangi ini punya satu filosofi, yakni keseimbangan. Seluruh warna saling melengkapi dengan sifatnya masing-masing dan tidak aa salah satu yang paling menonjol.
2. GAMBAR LUKISAN
Pada gambar lukisan The Starry Night karya Van Gogh yang termasuk ke dalam tangible karna lukisan tersebut bisa di lihat dan kita sentuh bahkan kita boleh memegangnya. Sebuah karya seni yang sangat menakjubkan.
Lukisan-lukisan Van Gogh biasanya dikenal karena komposisinya yang tidak biasa, malam berbintang adalah lambang pengetahuan terbaiknya tentang warna dan alam.
Terdapat warna biru biasanya bernuansa paling dingin,berasosiasi kuat dengan alam. Warna kuning berkesan cerah merupakan warna hangat yang paling ringan, ceria serta gembira. Warna hijau warna yang sejuk yang paling dekat dengan kehangatan, tenang dan harmonis. Warna putih melambangakan suci dan kebaikan. Terakhir warna hitam termasuk warna aksen yang kuat. Berkesan misteri, tegas dan kokoh. Artinya warna-warna tersebut menandakan harapan.
3. SPANDUK KEMERDEKAAN
Pada gambar spanduk kemerdekaan yang termasuk ke dalam tangible karna spanduk tersebut bisa di lihat dan kita sentuh bahkan kita boleh memegangnya.
Spanduk kemerdekaan yang dominan dengan warna merah dan putih. Merah di lambangkan kuat, cinta, berani dan penuh semanggat dalam membela negara Indonesia. Sedangankan warna putih melambangkan cahaya, suci dan kebaikan warga Indonesia yang berlandaskan sila ke 1 yaitu ketuhanan yang maha esa.
4. LOGO SHOPEE
Pada gambar logo Shopee yang termasuk kedalam intangible, karna hanya dapat di lihat namun tidak dapat di sentuh dan merupakan merek dagang.
Logo ini merupakan gabungan dari tiga unsur yaitu gambar keranjang, huruf S, dan warna orange. Gambar keranjang ini dapat diartikan keranjang belanja, S merupakan simbol dari Shopee, dan warna orange didefinisikan sebagai warna hangat, yang menarik dan meningkatkan perhatian pembeli.
5. LOGO BLIBLI
Pada gambar logo Blibli yang termasuk kedalam intangible, karna hanya dapat di lihat namun tidak dapat di sentuh dan merupakan merek dagang.
Semangat yang dibawa dengan logo baru ini adalah “Simplify to Amplify” yang menekankan pada kesederhanaan, keberagaman dan keteraturan. Yang pasti, Blibli semakin menguatkan komitmen untuk terus memberikan pengalaman belanja yang makin mudah terpercaya dan memuaskan bagi pelanggan.
Terdapat warna biru, menggunakan shade biru yang baru agar terlihat lebih dinamis, menggambarkan semangat Blibli yang tetap dinamis dalam melayani pelanggan di seluruh Indonesia.
Komentar
Posting Komentar